Warga Sragen Antusias Isi Kotak Koin NU Raksasa

Diantara kerumunan warga, seseorang berbicara melalui pengeras suara. Kalimat-kalimatnya seakan menjadi mantra penyemangat warga NU di Sragen, Jawa tengah, saat mobil berwarna hitam yang membawa kotak besar koin NU, berhenti di depan Kantor PCNU Sragen, Ahad (14/1).
Sekedhik angsal syukur katah. Kanti niat mekaten mugi-mugi Gusti Allah ngijabahi, anggene pun ndherek NU mugi-mugi diparingi istiqomah. Mbah Kiai Hasyim Asy’ari sampun dhawuh sapa sing gelem ngurusi NU, tak anggep dadi santriku, lan tak dongakke mugi matine diparingi mati husnul khatimah,” begitu bunyi kalimat dari pengeras suara itu.
Kira-kira kalimat itu berarti: “Sedikit boleh, syukur banyak. Dengan niat seperti itu, semoga Allah mengabulkan, kita mengikuti NU semoga diberikan istiqomah. Mbah Kiai Hasyim As’ari pernah berkata, ‘barang siapa yang mau mengurusi NU, saya akui menjadi santriku, dan saya doakan semoga saat meninggal mendapatkan khusnul khatimah’.”
Begitu mobil berhenti dan kotak koin NU dibuka, warga langsung berebut untuk memasukkan uang mereka ke dalam kotak. Tua, muda, Ansor, Fatayat, Muslimat dan lain sebagainya semua larut dalam semangat perjuangan untuk NU.
Sementara itu, tak jauh dari lokasi perhentian mobil, juga tertampang dalam sebuah papan besar yang bergambar sebuah rancangan depan sebuah bangunan yang bertuliskan “Rumah Sakit Nahdlatul Ulama RSNU Sido Waras Sragen”.
Rupanya, ramainya warga Nahdliyin Sragen yang berkumpul ini untuk menyambut pemberangkatan kirab kotak Koin NU Raksasa.
“Kegiatan ini kita selenggarakan dalam rangka Rakornas ke-3 LAZISNU, kemudian Harlah NU ke-92 dan launching Koin NU Nusantara,” terang Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Sragen KH Makruf Islamuddin, di sela acara.
Ditambahkan Kiai Makruf, kotak koin ini nantinya akan berjalan terus secara estafet. “Berangkat dari kantor PCNU sragen, kemudian terus dikirab secara estafet dari MWC ke MWC se-Kabupaten Sragen,” ungkapnya.
Nantinya, hasil dari infaq ini akan digunakan untuk membantu pembangunan RSNU Sido Waras Kabupaten Sragen.
Program pengumpulan koin yang dilakukan warga NU di wilayah Sragen Jawa Tengah, hingga saat ini, terkumpul lebih dari 5 miliar. (Ajie Najmuddin/Abdullah Alawi – SN)