kiai said apresiasi lazisnu

Kiai Said Apresiasi Program NU Peduli

Jakarta, Kiai Said Apresiasi NU Care РLazisnu
Program penanganan bencana yakni NU Peduli mendapat apresiasi dari Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj. Kiai Said menyatakan bahwa PBNU mengapresiasi kerja keras Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang telah membantu penanggulangan bencana di Lombok.
Apresiasi tersebut disampaikan Kiai Said pada Rapat Pleno PBNU di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9).
“Hampir sembilan miliar rupiah untuk (menangani pasca) bencana Lombok,” ujar Kiai Said di hadapan mustasyar PBNU, syuriyah PBNU, tanfidziyah PBNU, serta pengurus lembaga dan badan otonom NU.
Apresiasi selain kepada LAZISNU, juga disampaikan Kiai Said kepada Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU).
Seperti diketahui LAZISNU merupakan lembaga di bawah PBNU yang berwenang melakukan pengumpulan dan pengelolaan dana ZIS dari masyarakat. Sementara LPBINU sebagai eksekutor dalam penanganan kebencanaan.
Pada penanganan bencana gempa bumi Lombok bersama lembaga dan Banom NU lainnya, kedua lembaga tersebut mengkoordinir pelaksanaan pascagempa bumi Lombok melalui program NU Peduli Lombok.
Berdasarkan laporan yang dibagikan pada Rapat Pleno PBNU, hingga 19 September 2018, dana terkumpul melalui NU Peduli NU sebesar Rp8.984.841.662 (Delapan miliar sembilan ratus delapan puluh empat juta delapan ratus empat puluh satu ribu dan enam ratus enam puluh dua rupiah).
Pada tahap penananan tanggap darurat, dana digunakan untuk kaji cepat dan pemenuhan dasar, pendistibusian logistik, pelayanan kesehatan dan psikososial, pendirian bangunan masjid, madrasah, hunian sementara, fasilitas air bersih dan MCK, serta Puskesmas pembantu.
Penanganan NU Peduli untuk Lombok akan berlangsung hingga enam bulan setelah gempa pertama, dengan rencana program hunian sementara dengan nama Gubuk NU. (Kendi Setiawan РSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *