Bersama Ma’arif, Lazisnu Banyumas Himpun dan Salurkan Dana Infak

Banyumas, NU Care – Lazisnu

Dua lembaga di bawah naungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyumas, yakni Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU dan NU Care-LAZISNU menjalin kerja sama. Kerja sama tersebut  ditandai dengan penyerahan secara simbolis penyaluran dana infak senilai Rp. 240 dari Ketua NU Care-LAZISNU, Ridwan kepada Ketua LP Ma’arif NU Fauzi, di Hotel Pondok Slamet Baturraden, Ahad (22/04).

Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Banyumas, Ridwan, mengatakan potensi infak dari Ma’arif NU apabila mampu digali, akan menghasilkan penghimpunan yang besar.

Dikatakan, NU Care-LAZISNU di tahun 2018 ditargetkan memperoleh pemasukan dan penyaluran enam miliar rupiah. Melihat tahun lalu yang mencapai tiga setengah miliar, dan memperhatikan potensi stakeholder di Ma’arif, Ridwan optimis akan raihan target tersebut.

Strategi pun telah dirumuskan kedua pihak, di antaranya akan dibentuk Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Shadaqah (JP-ZIS) ke sekolah/madrasah Ma’arif.

“Penghimpunan gerakan infak seribu (Geribu) bersumber dari siswa. Pola sharing empat puluh persen ke LAZIS dan enam puluh persen ke Ma’arif dengan kesepakatan teknis lebih lanjut,” jelas Ridwan yang juga dosen Fakultas Syariah IAIN Purwokerto.

Ketua Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi, menjelaskan kerja sama ini sebagai upaya peningkatan kesejahteraan sumber daya sekolah/madrasah. Tentunya program kerja sama ini bertahap dan terukur, sehingga Ma’arif dapat mengambil manfaatnya.

Ia mengatakan, kerangka kerja teknis akan disusun dan dikembangkan sebagai model kerja sama tersebut. “Tujuannya agar sekolah atau madrasah yang masih kecil dapat terbantu. Tenaga pendidik, kependidikan dan peserta didik yang kurang mampu dan berprestasi mendapatkan insentif tambahan dan beasiswa,” jelasnya. [Musmuallim Ma’arif]

adminlazisnu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *