Ekonomi Mandiri Nucare merupakan program NU CARE LAZISNU yang memberikan bantuan pengembangan, pemasaran, peningkatan mutu dan nilai tambah juga memberikan modal kerja dalam bentuk dana bergulir kepada petani, nelayan, peternak dan pengusaha mikro.

Pelaksanaan program EMN di NU CARE LAZISNU wilayah Jawa Tengah tidak hanya memberikan bantuan modal bagi para pedangang, petani, peternak, dll yang sudah memiliki usaha. Namun, juga menyasar para fakir miskin yang mempunyai keahlian dibidang tertentu namun tidak memiliki modal.

Program EMN juga mengajak para pedagang, nelayan, peternak, dll untuk menyisihkan sebagian hasil dari usahanya untuk disedekahkan melalui Lazisnu. Ada yang menyalurkan melalui kotak infak Lazisnu di tempat usahanya dan ada juga yang langsung menyerahkannya ke kantor.

Harapan dari program EMN ini adalah dapat memberikan efek yang terus menerus dan menjangkau ke berbagai bidang. Seperti contohnya pemberian modal untuk usaha catering. Penerima modal catering akan diberikan jaringan-jaringan pedagang kebutuhan penunjang catering yang sudah bekerjasama dengan Lazisnu. Sehingga pemenuhan kebutuhan untuk catering selain akan mempermudah penerima modal, juga akan memberikan perputaran modal kepada pedagang lainnya.

Saat ini, terdapat beberapa bidang yang telah dijalankan NU CARE LAZISNU Jawa Tengah dalam program EMN diantaranya adalah : Desa Sentra Kambing; Catering; Angkringan; Jasa Jahit; Pemasaran Online; Penjualan Batik, Tas; Penjual Makanan Keliling; Tukang Sayur dan lainnya.

Sasaran Program : Fakir Miskin yang memiliki keahlian tertentu, petani, pedagang, nelayan, peternak, maupun ukm yang kurang mampu.