keutamaan sedekah jumat

Keutamaan Sedekah Jum’at

nucarelazisnu, Bersedekah dengan meyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk masjid, madrasah, pondok pesantren, anak yatim dan untuk orang-orang yang membutuhkan, banyak sekali keistimewaanya.

Terdapat keutamaan-keutamaan bersedekah yang Allah sampaikan dalam Al-Qur’an, yang mana tidak ada kerugian atas apa yang disedekahkan, bahkan akan diberikan yang lebih.

” Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,” (Al-Baqarah : 2-3)

Demikian pula dalam beberapa hadits, Rasulullah menyampaikan beberapa keutamaan bersedekah. Di antaranya:

“Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya.” (HR. Ibnu al-Mubarak).

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat.

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti dianjurkan untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut. Namun yang dimaksud adalah bersedekah di waktu-waktu tersebut memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seseorang dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat.

Mari, dihari yang berkah ini kita isi dengan memperbanyak dzikir kepada Allah dan bersedekah. Mulai dari sekitar kita yang membutuhkan ataupun kepada masyarakat umum yang membutuhkan.

Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada kita di dunia hingga akhirat. Aamiin

QR Code Sedekah Lazisnu