Sinergi Ansor dan NU Care Kecamatan Bayat Klaten Salurkan 96 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Jakarta, NU Care

Selama tiga pekan ini, Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan NU Care-LAZISNU Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah telah menyalurkan 96 ribu liter air bersih kepada ribuan warga di Kecamatan Bayat yang terdampak kekeringan.

Penyaluran dilakukan setiap hari sejak 24 November 2019 hingga saat ini, di mana para relawan Ansor Bayat dan NU Care-LAZISNU Bayat membantu masyarakat mengambil air bersih ke rumah-rumah warga yang sudah disiapkan di tangki mobil bantuan.

Sebelumnya, musim kemarau yang melanda Jawa Tengah tiga bulan terakhir mengakibatkan desa-desa di Kabupaten Klaten, khususnya di Kecamatan Bayat mengalami kekurangan air bersih karena sumur-sumur warga mengering.

Dari 18 desa di Kecamatan Bayat, ada 12 desa yang mengalami kekeringan. Lima di antaranya terdampak paling parah yang berada wilayah perbukitan. Kekeringan yang terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Klaten tersebut menjadi masalah utama sebab warga tidak bisa mandi, memasak, mencuci, bahkan mengkonsumsi air bersih.

Ketua GP Ansor Kecamatan Bayat, Waluyo, mengatakan penyaluran air bersih dilaksanakan sebagai bukti nyata NU Bayat mengabdi untuk masyarakat. Bantuan, kata dia, tidak melulu berbentuk uang. Bantuan berupa benda dinilai lebih bermanfaat bagi masyarakat yang sedang membutuhkan seperti air bersih untuk warga Klaten.

“Mudah-mudahan gerakan penyaluran air bersih ini mendapat ridha dan berkah Allah Swt,” kata Waluyo, dihubungi dari Jakarta, Ahad (15/12).

Ketua NU Care-LAZISNU Kecamatan Bayat, Heru Kusnadi, menjelaskan bahwa kegiatan menolong masyarakat oleh keluarga besar NU harus terus dijaga. Menurutnya, kerja sama antara lembaga dan Banom akan memperkuat peranan NU di masyarakat.

Selain itu bantuan disalurkan dalam rangka melaksanakan amanah para dermawan yang telah menyumbangkan hartanya melalui NU Care-LAZISNU. Ia berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada NU Care-LAZISNU untuk mengelola infak dan sedekah sehingga banyak masyarakat yang diringankan bebannya.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah membantu dalam terleselenggaranya program penyaluran air bersih ini,” ujarnya.

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Kendi Setiawan

Sumber: NU Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *