Sinergi NU Care Klaten bersama 3 LAZ Gelar Khitanan Massal

Jakarta, NU Care

NU Care-LAZISNU Klaten bersama Baznas, LAZISMU, dan Solo Peduli menggelar khitanan massal yang diikuti 246 anak, pada Sabtu (21/12). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperkuat hubungan lembaga peghimpun zakat bersama masyarakat.

Ketua Panitia Kegiatan, H Muslich Wahid, menuturkan kegiatan semata untuk membantu masyarakat di Kabupaten Klaten, terutama mereka yang tergolong tidak mampu. Menurutnya, sinergi itu pertama digelar, karenanya, patut dilangsungkan kembali di tahun-tahun selanjutnya.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya kegiatan khitanan massal bisa terus berjalan, mengingat program khitanan massal Baznas dengan LAZ di Kabupaten Klaten ini baru tahun 2019 ini dilaksanakan. Ini tahun perdana, semoga di tahun-tahun berikutnya kita bisa laksanakan kembali,” tutur Muslich.

Ia menilai pemberdayaan dan penerima manfaat akan semakin luas jika dengan kolaborasi antar-lembaga zakat di Kabupaten Klaten. Masyarakat, kata dia, bukan hanya harus diberikan bantuan tetapi harus diberikan pemahaman agar mau mengubah keadaan hidupnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, mendorong masyarakat mampu untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan. Menurut Siri Mulyani, penghimpunan zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari orang-orang mampu sangaat bermanfaat untuk warganya.

Ia menyebut NU Care-LAZISNU, LAZISMU dan Baznas sebagai mitra untuk mewujudkan visi misi pemerintah terkait pengentasan kemiskinan. Dia juga mendorong warga berduyun-duyun menignfakkan ZIS-nya melalui lembaga tersebut.

“Apalagi ASN (Aparatur Sipil Negara), gaji ASN dalam rekening harus disalurkan agar pahala jariyah bisa mengalir. Kalau hanya disimpan dalam rekening pahalanya, ya, hanya di rekening saja, tidak bisa mengalir dan bermanfaat untuk orang lain,” katanya.

Selama ini, lanjutnya,Kabupaten Klaten baru dapat menghimpun dana ZIS dari kalangan ASN sebesar Rp 3,5 milyar. Melalui kegiatan massal seperti khitanan, menurut dia dapat memacu progres penghimpunan ZIS.

Untuk diketahui, selain khitanan massal, LAZ di Kabupaten klaten juga menyalurkan sapeda baru untuk anak-anak melalui sejumlah lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Klaten.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Wahyu Noerhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *