Spirit Koin NU, Bantu Bangun Mushala Grobogan

Spirit Koin NU Bantu Bangun Mushala Grobogan

Spirit Koin NU masyarakat Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan terlihat di salah satu rumah warga dekat lokasi pembangunan sebuah mushola. Mereka berkumpul, menunggu kehadiran pengurus Unit Pengelola Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Ranting Desa Mrisi.

Kegembiraan warga yang hadir selain karena bisa mengupayakan pembangunan Mushala Al-Munawwar, juga karena panitia pembangunan mushala akan menerima bantuan pembangunan dari infak seluruh warga melalui program Koin NU yang sudah dua tahun dikelola UPZISNU Desa Mrisi.

Bantuan pembangunan mushala diserahkan langsung oleh Wakil Ketua UPZISNU Desa Mrisi Miftahuuni’am dan diterima oleh Ahmad Musaddad selaku perwakilan panitia pembangunan mushola. Pengurus UPZISNU mengatakan berterimakasih pada seluruh warga Desa Mrisi yang telah ikut memberikan dukungan terhadap program Koin NU.

“Melalui program Koin NU ini menjadi media bagi Nahdlatul Ulama Ranting Mrisi untuk melaksanakan program sosial kemasyarakatan. Meskipun dari Koin NU baru bisa memberikan bantuan sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah). Semoga bisa sedikit membantu pelaksanaan pembangunan Mushala Al-Munawwar,” kata Miftahunni’am.

Muh Syariin, salah satu warga yang rumahnya berada dekat lokasi pembangunan mushala mengatakan bahwa warga sekitar sangat senang karena di kampungnya bisa dibangun mushala. Bermula dari keberadaan dua orang warga yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan mushala. Lokasi mushala yang sudah ada selama ini masih jauh. Diharapkan dengan pembangunan mushala ini bisa meningkatkan semangat untuk beribadah dan berjamaah.

Baca Juga :
a

Di tempat terpisah, Ketua UPZISNU Desa Mrisi, Ahmad Taufiq Ma’sum, menyampaikan bahwa Mushola menjadi salah satu perhatian dari program Koin NU. Pada bulan Juni, UPZISNU juga telah membantu pembangunan Mushala Al-Mu’minun. Selama dua tahun ini UPZISNU telah memberikan bantuan operasional ke 21 (dua puluh satu) mushala di Desa Mrisi yang diberikan menjelang bulan Ramadhan.

“Total sudah kita tasyaruf  Rp27.000.000 (dua puluh tujuh juta) untuk mushala di Desa Mrisi,” katanya.

Taufiq menambahkan, antusiasme masyarakat dalam berinfaq melalui program Koin NU sangat luar biasa dan hasilnya pun sangat luar biasa.

“Dalam dua tahun ini UPZIS NU telah mengumpulkan infak sebesar Rp317.885.800. Dana yang berasal dari infak uang receh atau koin berjumlah Rp268.735.800,- serta dari donatur lain berjumlah Rp49.150.000,” bebernya.

Keberhasilan ini selain karena dukungan spirit koin NU masyarakat, pemerintah desa, lembaga desa, banom NU juga karena pengurus UPZISNU Desa Mrisi dalam mengelola zakat, infak dan sedekah. Pengelolaan tersebut sesuai dengan prinsip modern, akuntabel, transparan, amanah dan profesional (MANTAP).

Apresiasi juga diberikan oleh Pengurus Cabang LAZISNU Kabupaten Grobogan dengan memberikan penghargaan kepada UPZISNU Mrisi sebagai UPZISNU Pelopor Tingkat Ranting se-Kabupaten Grobogan tahun 2019.

Editor: Kendi Setiawan
Sumber: NU Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *